26
May
09

Insurance

Istilah Asuransi

Asuransi dapat diartikan sebagai sebuah sistem untuk meminimalkan kemungkinan hilangnya finansial dengan melakukan penyaluran resiko kehilangan dari seseorang atau badan ke lainnya. Asuransi dalam Undang-Undang No.2 Th 1992 tentang usaha perasuransian adalah perjanjian antara dua pihak atau lebih, dimana pihak penanggung mengikatkan diri kepada tertanggung, dengan menerima premi asuransi, untuk memberikan penggantian kepada tertanggung karena kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan atau tanggung jawab hukum pihak ke tiga yang mungkin akan diderita tertanggung, yang timbul dari suatu peristiwa yang tidak pasti, atau memberikan suatu pembayaran yang didasarkan atas meninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan.

Dalam peraturan perusahaan asuransi, badan yang menyalurkan asuransi disebut tertanggung, dan badan yang menerima resiko dari asuransi disebut penanggung. Bila terjadi suatu perjanjian antara kedua badan tersebut, maka perjanjian itu disebut kebijakan. Perjanjian ini merupakan kontrak legal dan dilindungi. Biaya yang dibayar oleh tertanggung kepada penanggung untuk risiko yang ditanggung disebut premi. Ini biasanya ditentukan oleh penanggung untuk dana yang bisa diklaim di masa depan, biaya administratif, dan keuntungan.

Contohnya, Jika seseorang membeli sebuah mobil mewah seharga Rp 350 juta. Ia menyadari bahwa mobilnya mungkin saja mengalami kecelakaan tanpa ia ketahui sebelumnya. Akhirnya ia mengambil perlindungan asuransi dalam bentuk kebijakan kepemilikan kendaraan. Kebijakan tersebut akan membayar penggantian atau perbaikan mobil mewahnya bila terjadi kecelakaan. Perusahaan asuransi mengenai mereka premi sebesar Rp 3,5 juta per tahun. Risiko kehilangan mobil telah disalurkan dari pemilik mobil ke perusahaan asuransi.

Penanggung menggunakan ilmu aktuaria untuk menghitung risiko yang mereka perkirakan. Ilmu aktuaria menggunakan matematika, terutama statistika dan probabilitas, yang dapat digunakan untuk melindungi risiko untuk memperkirakan klaim di kemudian hari dengan ketepatan yang dapat diandalkan.


0 Responses to “Insurance”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: