27
Mar
09

Pergeseran Penawaran & Permintaan

Pengaruh Perubahan Harga Minyak/Gas terhadap Permintaan dan Penawaran

Minyak dan gas merupakan bahan baku yang selalu dibutuhkan oleh masyarakat, khususnya bagi sektor rumah tangga dan sektor perusahaan. Permintaan sektor rumah tangga terhadap minyak/gas tidak akan habis, justru terus meningkat, karena sebagian besar kegiatan yang dilakukan oleh sektor rumah tangga dan sektor perusahaan menjadikan minyak/gas sebagai bahan baku.

Kenaikan harga minyak/gas tidak akan berpengaruh terhadap penawaran, karena sifat minyak/gas sebagai bahan baku tetap akan dicari oleh masyarakat, walaupun harganya naik. Sedangkan terhadap permintaan, kenaikan minyak/gas memberikan sedikit pengaruh terhadap kurangnya jumlah permintaan. Masyarakat menjadi lebih hemat dan menggunakannya secara efisien, agar tidak cepat habis dan mengalami kelangkaan. Bila harga minyak mengalami kondisi yang sebaliknya, yaitu mengalami penurunan, maka hal ini merupakan berita baik bagi masyarakat, karena tidak perlu merasakan krisis minyak seperti yang dulu pernah dialami Indonesia.

Penurunan harga terhadap minyak yang pernah dialami Indonesia bisa dikarenakan oleh subsidi yang diberikan pemerintah secara besar- besaran, sehingga terjadi kondisi dimana minyak berlimpah, hal ini akan menyebabkan jatuhnya harga minyak. Seperti yang sekarang dialami oleh negara Indonesia.

Pengaruh kenaikan minyak terhadap global, kenaikan harga minyak dapat menyebabkan kemunduran ekonomi di negara-negara pengimpor minyak dan ekonomi global secara keseluruhan. Pengalihan pendapatan dari pengimpor minyak ke pengekspor minyak tidak simetris karena daya serapnya yang berbeda. Kenaikan harga yang berlanjut juga akan menghambat pemulihan ekonomi global. Negara pengimpor minyak yang tinggi intensitas minyaknya akan mengalami kesulitan yang lebih besar daripada negara – negara yang lebih efisien menggunakan minyaknya.


0 Responses to “Pergeseran Penawaran & Permintaan”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: