24
Mar
09

Lampiran Analisa Komponen Faktor

Matriks Perhitungan/Analisis Komponen Faktor

Apa yang dimaksud dengan CAMELS ?

Saat ini banyak orang mempertanyakan tentang CAMELS. CAMELS merupakan suatu cara untuk mengetahui tingkat kesehatan suatu bank dengan menggunakan perhitungan dari beberapa komponen penting. Komponen – komponen penting tersebut yaitu Capital, Asset Quality, Management, Earnings, Liquidity, and Sensitivity to Market Risk. Ke-enam komponen ini digunakan oleh bank untuk mengetahui tingkat kesehatan bank tersebut, dimana setiap komponen memiliki perhitungannya masing – masing, dan akhirnya akan dibuat analisis dan kesimpulan dengan mempertimbangkan unsur judgement yang didasarkan atas materialitas dan signifikansi dari setiap komponen penilaian.

Setiap komponen dalam CAMELS, masing – masing memiliki beberapa subkomponen. Baik Capital, Asset Quality, Management, Earnings, Liquidity, Sensitivity to Market Risk, masing-masing komponen tersebut menggunakan perhitungan dan analisa pada setiap subkomponennya untuk mengetahui kondisi kesehatan bank tersebut. Dalam perhitungan aktiva produktif yang diklasifikasikan pada komponen Capital, semakin kecil ratio,maka menunjukkan kondisi pembayaran kredit yang baik dan tingkat kesehatan bank semakin baik pula. Begitu pula dalam perhitungan debitur inti kredit diluar pihak dibandingkan dengan total kredit, bila semakin besar penyebaran (diversifikasi), maka akan semakin baik bagi suatu bank. Dan bila semakin kecil ratio-nya, akan semakin baik bagi kondisi suatu bank. Sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh BI tentang batas maksimum pemberian kredit, yaitu pertama, bank dengan total asset kurang dari 1Triliun, maka hanya diperbolehkan memberikan kredit pada 10 orang/grup. Kedua, bank dengan total asset antara 1 Triliun sampai 10 Triliun, maka debitur yang diperbolehkan mengajukan kredit sebanyak 15 orang/grup. Ketiga, bank yang memiliki total asset lebih dari 10 Triliun, maka debitur yang diperbolehkan sebanyak 25 orang/grup.

Dalam komponen management juga telah diatur tentang BMPK (Batas Umum Pemberian Kredit). Jumlah Batas Maksimum Pemberian Kredit atau yang disebut juga dengan Legal Lending Limit, telah diatur oleh BI dan jumlah kredit yang diberikan tidak boleh melebihi batas yang telah ditentukan tersebut. Pimpinan perusahaan juga tidak boleh melanggar peraturan tersebut, walaupun kredit tersebut dialirkan pada orang yang masih memiliki hubungan dekat dengannya.

Perhitungan lebih jelas tentang analisa komponen faktor untuk mengetahui tingkat kesehatan suatu bank dapat dilihat pada link dibawah ini.

Lampiran Matriks Perhitungan/Analisa Komponen Faktor


0 Responses to “Lampiran Analisa Komponen Faktor”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: