06
Mar
09

Pengaruh Variabel Makro

Pengaruh Makro Ekonomi terhadap Kinerja Saham Pertambangan minyak dan Gas Bumi sebagai emiten di BEI.

Makro ekonomi mempengaruhi kinerja saham pada pasar uang. Variabel-variabel yang dilibatkan dalam faktor ekonomi makro diantaranya inflasi, suku bunga SBI, kurs, dan jumlah uang beredar. Variabel-variabel makro ekonomi tersebut berpengaruh secara simultan terhadap kinerja saham pertambangan minyak dan gas bumi. Variabel makro ekonomi yang berpengaruh sangat besar terhadap kinerja saham pertambangan minyak dan gas bumi adalah variabel kurs.

Variabel inflasi juga mempengaruhi kinerja saham pertambangan minyak dan gas bumi. Inflasi terjadi dikarenakan oleh jumlah uang yang beredar di masyarakat banyak. Banyaknya uang yang beredar di masyarakat bisa dikarenakan tingkat suku bunga SBI yang tinggi ataupun pengeluaran pemerintah yang besar. Hal ini menyebabkan jatuhnya nilai mata uang, karena uang yang beredar di masyarakat banyak, otomatis harga-harga barang meningkat termasuk minyak dan gas bumi, karena minyak dan gas bumi merupakan komoditas utama dalam perekonomian modern. Seluruh aktivitas perekonomian serta industri tergantung dari stabilitas harga minyak. Kenaikan harga minyak mentah tersebut secara perlahan bisa memicu inflasi dan menurunkan kinerja bursa saham di suatu negara. Oleh karena itu, minyak memegang peranan vital di dalam menjaga stabilitas perekonomian dunia. Kinerja seluruh bursa saham dunia selalu terpengaruh oleh fluktuasi harga minyak mentah dunia.

Penelitian yang dilakukan oleh Ajayi Mongone antara indeks harga saham dan kurs mata uang di 8 negara yang telah maju dengan ECM dari 2 variabel yang digunakan untuk mengestimasi secara simultan baik jangka pendek maupun jangka panjang. Hasil tersebut menunjukkan bahwa harga saham domestik secara agregat berhubungan negatif dengan nilai kurs mata uang domestik dalam jangka pendek. Tetapi dalam jangka panjang memiliki pengaruh positif. Depresiasi mata uang berpengaruh negative terhadap pasar modal baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Jadi dapat di simpulkan, penurunan nilai mata uang di suatu negara memberikan dampak buruk pada pasar modal, sehingga kinerja saham pertambangan minyak dan gas bumi di pengaruhi oleh variabel kurs.


0 Responses to “Pengaruh Variabel Makro”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: