23
Feb
09

Manajemen Dana Bank

Cost of Fund

Sebelumnya dalam Manajemen Dana Bank telah dibahas tentang Source of Fund (Sumber dana) dan sedikit tentang Use of Fund. Source of Fund yang berasal dari Demand Deposit, Saving Deposit, Time Deposit, dan Equity. Dimana dana tersebut akan disalurkan ke berbagai macam aspek sehingga dapat bermanfaat dan bank memperoleh keuntungan dari kegiatan operasional. Bank harus memiliki modal, untuk mengcover resiko yang mungkin di timbulkan dari kegiatan Use of Fund.

Pada umumnya laporan keuangan yang dikeluarkan oleh bank hampir sama dengan perusahaan lainnya. Namun dalam perbankan, ada satu laporan yang bersifat sebagai rekening sementara. Laporan keuangan Bank terdiri dari tiga laporan, yaitu Neraca, Laporan Laba/Rugi, dan Rekening Administratif (Laporan Komitmen & Kontinjensi). Posisi kas suatu bank dalam periode tertentu dapat di lihat dalam laporan keuangan neraca. Laporan Laba/Rugi menunjukkan pendapatan dan pengeluaran bank dalam periode tertentu. Rekening Administratif (Laporan Komitmen & Kontinjensi) adalah rekening yang bersifat sementara. Rekening aministratif ini menunjukkan nilai asset bank, namun belum benar-benar menjadi milik bank. Misalnya, Seseorang yang telah meminjam uang dibank dengan memberikan rumahnya sebagai jaminan, rumah tersebut masih milik sipeminjam, namun rumah tersebut telah tercatat dalam rekening administratif, dan dilaporkan dalam Laporan Komitmen & Kontinjensi. Rekening administratif mempengaruhi Laporan Keuangan Neraca.

Dalam dunia perbankan ada banyak istilah yang sering digunakan dalam kegiatan operasionalnya, seperti Letter of Credit (LC), yang fungsinya sebagai jaminan untuk transaksi uang melalui bank. Letter of Credit umumnya digunakan oleh eksportir dan importir. Misalnya, jika eksportir ingin menjual barangnya kepada pembeli asing, mereka membeli LC sebagai jaminan bahwa eksportir akan mengirim barangnya dan pembeli asing akan membayar uangnya. Selain Letter of Credit (LC) ada juga istilah lainnya seperti Fee Base Income, yaitu pendapatan atau komisi yang diperoleh bank dari transfer, LC, dll.

Perhitungan untuk Cost of Mixed Fund (COF), Cost of Money (COM), Cost of Loanable Fund (COL), Cost of Operable Fund (COP) yaitu :

COF = (Biaya Bunga / Total Dana Masyarakat) x 100 %

COM = [(Biaya Bunga + Biaya Operasional Lainnya) / Total Dana Masyarakat] x 100%

COL = [(Biaya Bunga + Biaya Operasional Lainnya) / (Total Dana Masyarakat + Unloanable Fund)] x 100%

COP = [(Biaya Bunga + Biaya Operasional Lainnya) / Total Aktiva Produktif] x 100%

Capital Adequacy Ratio adalah kecukupan modal minumum yan dimiliki oleh setiap bank. Bank-bank yang ada di Indonesia CAR semakin tinggi dan LDR semakin rendah. Untuk menaikkan CAR, suatu bank dapat menambahkan modalnya, dan juga bisa dilakukan dengan mengurangi investasi atau berinvestasi ditempat yang aman. Dua bank yang memiliki jumlah asset dan modal sama belum tentu memiliki CAR yang sama, tergantung pada tingkat resikonya.


0 Responses to “Manajemen Dana Bank”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: