13
Feb
09

Berita Perekonomian

Pioneer Akan Pangkas 10 Ribu Pekerja

TOKYO – Perusahaan elektronik raksasa Jepang Pioneer Corp akan memangkas 10 ribu pekerja di seluruh dunia. Perusahaan juga akan menghentikan bisnis televisi untuk menahan kerugian tahun fiskal ini hingga Maret. Perusahaan memutuskan menutup produksi televisi layar datar di Amerika Serikat (AS) dan Inggris. Kemudian mereka akan fokus pada elektronik mobil.

Pioneer memperkirakan kerugian bersih 130 miliar yen (USD1,4 miliar) untuh tahun fiskal saat ini hingga Maret. Ini akan menjadi kerugian terbesar bagi mereka.

Tahun lalu, perusahaan telah memutuskan menghentikan produksi televisi layar datar yang dimiliki mereka sendiri. Kemudian mereka memutuskan pembuatan televisi dengan panel yang dijual dari Panasonic Corp.

Namun, saat ini, perusahaan telah memutuskan menghentikan pembuatan televisi layar datar secara keseluruhan. Hal ini disebabkan tidak ada prospek meningkatkan keuntungan di tengah kondisi ekonomi saat ini. Di sisi lain, perusahaan juga telah memangkas sebanyak 5.900 pekerja antara Maret dan Desember tahun lalu.

Menurut saya berita diatas relevan dengan beberapa prinsip ekonomi diantaranya, pertama standar hidup suatu negara bergantung pada kemampuannya menghasilkan barang/jasa. Prinsip ini berkaian dengan produktivitas para pekerja di perusahaan tersebut. Hal ini mungkin saja dilakukan karena kerugian yang mereka alami mengharuskan untuk mengurangi jumlah para pekerjanya yang tingkat produktivitasnya tidak mencapai target yang telah ditentukan perusahaan. Dari prinsip ekonomi yang berkaitan dengan produktivitas akan mempengaruhi prinsip ekonomi yang kedua yaitu, masyarakat menghadapi trade-off jangka pendek antara inflasi dan pengangguran. Inflasi dan pengangguran sangat berkaitan, begitu juga dengan tingkat produktivitas. Bila tingkat produktivitas pekerjadi suatu perusahaan menurun maka akan mengakibatkan pemangkasan pekerja yang menyebabkan pengangguran terjadi dimana-mana. Hal ini akan membawa perusahaan pada prinsip ekonomi yang ketiga yaitu, perusahaan menghadapi trade-off . Dalam hal ini perusahaan memutuskan untuk menghentikan produksi TV layar datar dan memfokuskan untuk produksi elektronik mobil. Hal ini dilakukan karena produksi TV layar datar tidak memberikan prospek peningkatan keuntungan ditengah kondisi ekonomi saat ini.


0 Responses to “Berita Perekonomian”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: