06
Feb
09

Trade-off

Trade – off dalam Kehidupan

Trade-off adalah situasi dimana seseorang harus membuat keputusan terhadap dua hal atau mungkin lebih, mengorbankan salah satu aspek dengan alasan tertentu untuk memperoleh aspek lain dengan kualitas yang berbeda. Dalam kehidupan sehari-hari sangat wajar sekali bila kita menghadapi pilihan yang harus dipertimbangkan dengan matang. Berbagai macam pilihan yang sering kali kita hadapi dalam kehidupan sehari-hari seperti memilih untuk berlibur atau beristirahat dirumah. Sebagian orang yang tinggal dikota-kota besar sangat gemar menghabiskan waktu luang mereka dengan berjalan – jalan untuk merefreshkan pikiran mereka dari setumpuk perkerjaan yang telah mereka selesaikan. Namun disamping menghabiskan waktu luang dengan berlibur ada juga yang lebih menginginkan untuk beristirahat dirumah. Saya pernah menghadapi dua pilihan tersebut dan saya lebih memilih untuk pergi berlibur. Karena menurut pendapat saya dengan pergi berlibur dan merefreshkan pikiran dari kejenuhan-kejenuhan yang telah dihadapi sebelumnya dapat membantu menjernihkan kembali pikiran saya untuk menghadapi semua aktivitas keesokan harinya. Mungkin saja pendapat saya berbeda dengan pendapat anda, dan itu merupakan hal yang wajar. Setiap orang memiliki pandangan yang berbeda, sehingga dalam mengambil keputusan seperti diatas juga berbeda-beda. Perbedaan tersebut dapat dikarenakan perbedaan kondisi, selera, keinginan, dan masih banyak lagi faktor-faktor yang berpengaruh dalam pengambilan keputusan setiap orang. Apapun keputusan yang diambil oleh setiap orang tersebut pastinya telah dipertimbangkan telebih dahulu.

Disamping itu dalam bidang transportasi kita juga sering menghadapi kondisi untuk memilih pergi dengan menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan kendaraan umum. Walaupun banyak orang mengatakan menggunakan kendaraan pribadi lebih nyaman, tapi menggunakan kendaraan umum juga menyenangkan. Menurut pendapat saya, bila kita menggunakan kendaraan umum kita tidak merasa lelah, karena kita tidak perlu mengendarainya sendiri. Kita hanya bayar sesuai tarifnya, duduk saja dan diantarkan sampai tempat tujuan. Walaupun tidak terlalu nyaman tetapi cukup menyenangkan. Ada sebagian orang yang lebih menginginkan untuk menggunakan kendaraan pribadi, bisa saja dikarenakan mereka lebih mementingkan kenyamanan, dan kecepatan.

Kondisi trade-off lainnnya yang sering dihadapi oleh semua orang, termasuk saya, adalah memilih untuk melanjutkan kuliah atau mencari pekerjaan. Dua hal tersebut sama pentingnya dan sama-sama memberikan manfaat, namun bila dikerjakan keduanya belum tentu kita bisa memperoleh hasil yang maksimal. Sebagian orang mengutamakan untuk mencari pekerjaan terlebih dahulu daripada melanjutkan kuliah, tetapi ada juga yang lebih mengutamakan melanjutkan kuliah dibandingkan dengan mencari pekerjaan. Alasan yang berbeda-beda mempengaruhi keputusan mereka. Saat saya menghadapi kondisi seperti ini, saya lebih memilih untuk melanjutkan kuliah, dengan alasan bila melamar pekerjaan setelah kuliah, kemungkinan untuk memperoleh pekerjaan yang lebih baik menjadi lebih luas. Alasan tersebut yang menguatkan saya hingga akhirnya memilih untuk malanjutkan kuliah terlebih dahulu. Namun tidak ada salahnya juga bila anda ingin mencari pekerjaan terlebih dahulu baru melanjutkan kuliah. Anda dapat mengetahui dan telah merasakan dunia pekerjaan lebih dahulu, sehingga anda jadi lebih mudah beradaptasi. Setiap orang pasti pernah menghadapi pilihan dalam menjalani kehidupan.


0 Responses to “Trade-off”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: